Thursday, July 5, 2012

BUAH YANG TERLARANG BAGI PENDERITA HIPOTENSI

Hipotensi adalah penyakit tekanan darah rendah. Jadi jangan salah mengartikan, ya! Bukan darahnya yang berkurang melainkan tekanan darahnya yang rendah. Terkadang orang sering salah paham dengan kedua istilah ini. Penderita Hipotensi adalah kebalikan dari Hipertensi (tekanan darah tinggi). Penderita Hipotensi dianjurkan untuk menghindari beberapa jenis buah yang dapat membuat kambuh penyakitnya ini. Buah-buah yang terlarang untuk penderita Hipotensi antara lain:

1. MENTIMUN

    Semua orang pasti sudah tahu buah yang satu ini memang sangat dilarang untuk penderita Hipotensi. Kandungan mineralnya yang berupa potassium, magnesium, dan fosfor dapat menurunkan tekanan darah sehingga buah baik untuk penderita Hipertensi tetapi sangat buruk untuk penderita Hipotensi. Dalam jumlah kecil mungkin tidak terlalu berpengaruh pada penderita Hipotensi ringan. Tapi pada penderita Hipotensi akut, makan sedikit saja buah ini bisa mengakibatkan sakit kepala hebat.

2. SEMANGKA

    Buah ini memiliki kadar air dan kalium yang sangat tinggi yang bisa menetralisasi tekanan darah sehingga tidak baik dikonsumsi oleh penderita Hipotensi. Ibu hamil yang menderita penyakit ini juga dilarang untuk makan buah semangka karena dapat membahayakan kesehatan ibu.

3. MELON

    Buah ini juga tidak baik dikonsumsi oleh penderita Hipotensi karena kandungan potasiumnya dapat menurunkan tekanan darah.

Selain buah-buahan di atas, buah lain yang tidak baik dikonsumsi dan sebaiknya dihindari antara lain alpukat,  pare, labu siam, bligo, labu, seledri, dan bawang putih.

1 comment:

  1. memang darah rendah tidak bisa di anggap sepele
    http://www.pantangan.com/makanan-yang-menjadi-pantangan-penyakit-darah-rendah/

    ReplyDelete