Sunday, July 8, 2012

MENGAPA PERUT BAGIAN BAWAH SAKIT SAAT KEHAMILAN USIA 3 BULAN KE BAWAH?

Mungkin beberapa ibu hamil yang baru saja mengalami kehamilan pertamanya dan kehamilan masih berusia sangat muda, merasa kebingungan karena perut bagian bawah sering merasa sakit. Jangan khawatir dan jangan takut, karena saya sendiri juga pernah mengalaminya. Awalnya saya pikir terjadi apa-apa dengan perut saya. Saya begitu ketakutan dan merasa sedih. Namun setelah browsing-browsing di internet dan membaca artikel dari berbagai sumber atau sharing di forum ibu hamil, ternyata rasa sakit tersebut adalah hal yang biasa.

Perut sakit kemungkinan disebabkan karena rahim menyesuaikan dengan bentuk janin yang semakin lama semakin membesar sehingga rahim akan ikut membesar. Proses ini tentunya membuat ibu merasa perutnya seperti tertarik dan rasanya sakit di perut sebelah kiri atau kanan. Tidak perlu diberi obat macam-macam atau yang paling ekstrim dipijatkan ke tukang pijat karena akan membahayakan janin yang rawan keguguran pada usia yang masih sangat muda. Rasa sakit tersebut juga normal karena menandakan adanya pertumbuhan bayi.

Jadi, bagi ibu-ibu hamil yang masih baru pertama kalinya mengandung, cukup dinikmati saja rasa sakit tersebut karena berarti janin ibu sedang bertumbuh. Dan sekali lagi jangan pernah mengkonsumsi berbagai jenis obat-obatan atau jamu karena akan membahayakan janin. Bisa menyebabkan pertumbuhan janin terganggu dan yang paling fatal bisa menyebabkan cacat lahir.


11 comments:

  1. oh gitu ya :), kebetulan saya juga lagi hamil muda 3 bulan. 2 hari ini rasanya mengalami rasa sakit/kurang nyaman di bagian rahim bawah. Agak khawatir juga takut terjadi apa2.... alhamdulillah setelah membaca blog mba jadi agak tenangan dikit. Makasih ya :)

    ReplyDelete
  2. Yh aku jg gtu all.aku hmil 3 buln aku skit prut diseblh kiri dibwh kdg jg pindh seblh kanan rsny senut2 gtu sakitny knp yh gtu aku br prtma x hmil jd ga tau

    ReplyDelete
  3. Yh aku jg gtu all.aku hmil 3 buln aku skit prut diseblh kiri dibwh kdg jg pindh seblh kanan rsny senut2 gtu sakitny knp yh gtu aku br prtma x hmil jd ga tau

    ReplyDelete
  4. Bun aku sekarang juga sakitt bangettt perut bagian bawah.. Semoga kandungan saya sehat2 aja amiin

    ReplyDelete
  5. Bun aku sekarang juga sakitt bangettt perut bagian bawah.. Semoga kandungan saya sehat2 aja amiin

    ReplyDelete
  6. Bun,,saya jg hamil 3bln,rasanya sakit perut bagian bawah,kayak sakit waktu datang bulan bun,apa sakit in wajar,ini hamil yang pertama bun,,

    ReplyDelete
  7. Siang bun.. Sya jg hamil mw 3 bulan.. Saya jg mrsakan hla yg sama.. Sakit dan ngilu di bagian perut kiri bawah..tpi mudah"an gk da papa.. Dan smga shag slalu de utun sama ibu nya.. Aminn

    ReplyDelete
  8. Terimakasih atas informasi'nya,,sangat beanfaat dan membuat saya tenang..
    Alhamdulillah,saat ini saya sedang hamil 3bln,,dan sering ngerasain hal yg sama,karna ini kehamilan pertama saya,,saya merasa bingung dan takut,,takut terjadi sesuatu pada janin saya,,
    Tapi setelah membaca artikel ini,,alhamdulillah saya jdi lbh mengerti dan jdi lbh tenang...
    Sekali lagi terimakasih banyak atas infonya...

    ReplyDelete
  9. Saya juga bun . Ini baru masuk 3 bulan perut bagiang kiri suka sakitt

    ReplyDelete