Monday, July 9, 2012

STRES DI TEMPAT KERJA, HARUSKAH MENGUNDURKAN DIRI?

Mungkin banyak yang mengalami stres saat di tempat kerja. Banyak hal yang menyebabkan seseorang menjadi stres. Di antaranya karena tekanan dari atasan, lingkungan yang tidak mendukung, tekanan dari rekan kerja, dan lain sebagainya. Faktor-faktor tersebut sudah umum menjadi penyebab stres seseorang. Namun apakah dengan begitu seorang karyawan seharusnya mengundurkan diri dan mencari pekerjaan lain yang menurutnya lebih sesuai? Jawabannya adalah tidak perlu. Mengapa tidak perlu? Karena beberapa alasan sebagai berikut:

1. Tekanan Pasti Ada Di Manapun Seseorang Bekerja

    Tidak peduli seseorang pindah kerja berpuluh-puluh kali, tekanan penyebab stres tersebut akan terus muncul dan  kemungkinan porsinya lebih besar daripada tempat kerja sebelumnya. Kita tidak tahu kan apa yang akan terjadi di masa depan. Jadi yang harus dilakukan adalah sabar dan terus bersabar. Karena tidak mungkin selamanya seseorang akan hidup di bawah tekanan.

2. Jika Mengundurkan Diri Berarti Membuang Rejeki

    Mengapa membuang rejeki? Karena kita tidak tahu apakah setelah mengundurkan diri kita akan cepat mendapatkan pekerjaan pengganti atau malah susah mendapatkannnya. Lebih fatal lagi adalah akhirnya menjadi pengangguran. Jadi itu sama artinya dengan kita membuang rejeki yang telah kita peroleh meskipun dengan tekanan yang besar.

3. Masih Banyak Orang yang Susah Mendapatkan Pekerjaan

    Kalau kita beralasan mengundurkan diri karena sudah tidak cocok atau karena tidak kuat dengan banyaknya tekanan, maka coba lihatlah keadaan di sekitar Anda dulu sebelum memutuskannya. Lihatlah ke bawah dan jangan melihat ke atas. Masih banyak orang yang kesulitan mencari uang hanya sekedar untuk makan, tidak sanggup untuk membeli kebutuhan lain. Masih banyak orang yang masih harus berjuang mati-matian untuk bertahan hidup demi sesuap nasi. Coba bayangkan lebih besar mana tekanan yang anda hadapi dengan tekanan yang mereka hadapi untuk bertahan hidup.

4. Anggap Tekanan Sebagai Cobaan Untuk Menuju Sukses

    Memang sangat susah untuk menerapkannya. Tapi setidaknya, jika kita menganggap semua tekanan dan beban di tempat kerja sebagai cobaan dari Tuhan maka semua akan menjadi ringan. Kita akan lebih memiliki optimisme dalam hidup. Tidak ada orang sukses dengan sendirinya, pasti semua menghadapi cobaan. Besar kecilnya cobaan tergantung kemampuan kita dalam menghadapinya.

 

No comments:

Post a Comment